Friday, July 28, 2006

Kembalinya Si Anak Hilang

"Please, just this once."

Telepon terputus. Beberapa saat kemudian aku menerima e-mailnya. Data, foto, tempat dan kapan. Aku menarik nafas panjang. Gugup.

Oh well, just this once. Gambar-gambar itu kembali berkelebatan di benakku. Ibunya menangis. Adiknya sesunggukan. Ayahnya seperti tak mampu melihat wajahnya. Wajah-wajah tangis itu.

Sudah bertahun-tahun aku tidak melakukannya. Mengambil posisi, bergerak cepat, menjadi tak terlihat dan tiba-tiba langsung berhadapan dengan target. Sasaran. Korban. Apalah. Yang aku tahu bayarannya saja. Jutaan. Bahkan kalau aku suka, gratis!

Mataku harus awas. Satu derajat saja bisa fatal. Nafas pun harus tak terdengar. Dan jemari pun harus senyawa dengan perintah otak. "Yak, sekarang!" Tidak seperti rusa yang anggun. Mereka mempunyai pola yang terbaca. Merunduk beberapa saat, lantas melongok ke kiri dan kanan. Hanya alam yang menyuruhnya berlari. Selain itu dia hanya berputar-putar saja. Tapi ini manusia. Yang bisa bergerak secara impulsif. Yang leluasa berkehendak dan bergerak kapan saja. Dan itu, aku harus membaca pikirannya.

Ah.. di mana semua insting itu.

Dan jari-jariku semakin kaku mendingin. Kukepulkan nafas di antaranya. Kukepal-kepalkan tangan. Krtk..krtk.. jari-jariku kubuat rileks. Ritual yang selalu kulakukan sebelum beraksi. Mengembalikan lagi sensasi itu.

Di gudang, tas hitam besar itu seperti tersenyum memandangku. "Diam! Bantu aku menyelesaikan tugas ini." Ada sensasi yang menjalar ketika kembali menyentuh benda-benda metal itu. Dingin. Rugged. Masih kokoh dalam genggaman. Tak bisa kupungkiri bagaimana aku memang sangat merindukannya. Kucoba menutup mata dan merakit mereka satu sama lain. Masih bisa! Walau sedikit lamban. Tak apa, aku masih punya seminggu untuk menyempurnakannya. Kali ini kudapati mereka tertawa seraya mengejek. "Aku bilang, diam!!"

Kali ini mungkin tidak setelan hitam-hitam. Terlalu menyolok. Security zaman sekarang sudah semakin awas dengan penampilan yang eksentrik. Setelan batik saja. Agar lebih gampang menyelinap dan saru dengan intel.

Kupelajari lagi semua file-file tadi sekedar mengulang. Sekedar meyakinkan lagi agar aku benar-benar bisa melakukannya. Taksiku sudah menunggu bak mobil pengantin.

Sejenak sebelum menutup pintu, kutatap bayanganku di kaca. Kali ini dia berkata "Ayolah, kau fotografer handal!"

Ah ya.. fotografer kawinan!

5 Comments:

Blogger cc-line said...

hahaha... ending yg unprdictable.. kecele aku. :))

Saturday, July 29, 2006 1:19:00 pm  
Blogger Bucin said...

di awal, gw udah memprediksi ini adalah mengenai photography. tp yg gw gak nyangka adalah photographer kawinan.

damn! bener2 bungkus yg luar biasa.
salut dik. salut.

Monday, July 31, 2006 10:04:00 am  
Anonymous Anonymous said...

Sori, Dik...nggak bisa baca sampe selese...Biar gue TAJIR (kata lo), tapi PELIT! Internet mahal! B-)

Tuesday, August 01, 2006 12:28:00 pm  
Blogger wulliewullie said...

ahahahahahahahahahahahaaaaa dikiiiii, liat dong hasil jepretannyah :D

Tuesday, August 01, 2006 1:21:00 pm  
Blogger dikisatya said...

Bud:
kamu kira apa? pembunuh? :)

Bucin:
Selalu senang mendapat pujian. Apalagi dari seorang Bucin.

Rael Gabriel:
Selalu senang mendapat pujian. Apalagi dari seorang Rael Gabriel.
(lhaaa... kok template ya hahahaha)

Anak Tajir:
Makanya.. kerja! :)

Wuw:
The photos are for private viewing. Datang aja ke kantor kite. Somse amat ama almamater.

Tuesday, August 01, 2006 3:20:00 pm  

Post a Comment

<< Home