Monday, April 04, 2005

titidije ya neek..

(Hati-Hati di Jalan ya, bo!)

Di sebuah perempatan jalan ada sebuah mobil yang hendak memutar balik. Pelan-pelan mobil itu maju. Mundur. Maju. Mundur. Entah udah berapa kali effort yang dilakukan agar akhirnya mobil itu bisa berputar balik. Klakson mobil-mobil di belakangnya pun mulai berbalapan menyahuti proses yang mulai membuat kesal.

“Lelet banget sih?! Pasti cewek nih yang nyetir”

Sering bukan? Ungkapan itu yang tercetus di benak kita kalau menghadapi situasi di atas? Kalau ada yang lelet dikit pasti cewek. Kesian dong. Nggak fair banget kan? Padahal bisa aja yang nyetir lelet itu opa-oma yang udah mulai senja. Atau si pengemudi itu minjem mobil temennya, jadi harus berhati-hati. Atau memang si pengemudi tidak menguasai penuh rumus ruang pada saat tersebut. Dan bahkan pengemudi itu cowok!

Hanya gara-gara kasus tersebut sering terjadi oleh pengemudi cewek, lantas kita men-generalisasikan pendapat tersebut. Yah namanya juga kecenderungan kan ngga seratus persen benar. Kita sering mengeliminir faktor-faktor minor yang mungkin saja terjadi. Dan kalau faktor minor tersebut terjadi, kita sering tidak siap untuk menerimanya. Padahal probabilitasnya ada. Hanya saja sedikit.

Coba kita pikir lagi,
Yang nyetir lelet itu cewek. Main nyelonong aja biasanya Metromini, orang Batak. Yang kebut-kebutan sudah tentu ABG, apalagi anak pejabat. Yang nyenggol bumper/spion mobil itu pasti pengendara motor.Yang bawa sempriwitan pasti Pak Polisi. Kalo Pak Polisi nyemprit, pasti minta duit.

Bukannya nggak mungkin yang main nyelonong itu tadi saudaranya orang Batak dan bukan orang Batak. Yang kebut-kebutan tadi orang tua atau orang biasa. Karena sesuatu hal yang penting, dia harus ngebut ngga karuan. Mungkin kebelet, mungkin panggilan darurat dari rumah atau alasan lainnya. Yang nyenggol bumper/spion mobil kita ternyata kita sendiri. Karena terlalu mepet ama yang lain. Sama motor misalnya :). Bisa juga posisi kita memang tidak selayaknya di situ, di luar atau melewati jalur. Dan Pak Polisi nggak semuanya minta duit. Kalo pun ada, coba berkelit lagi!

Jadi suatu saat gua nemuin hal-hal menjengkelkan di jalanan, gua akan lebih berhati-hati untuk mengalamatkan kekesalan gua. Kali aja yang gua maki-maki itu gua sendiri.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home