Tuesday, March 08, 2005

Are You With Me?

Seperti biasa tadi pagi gua bangun, ngambil koran, rokok dan langsung menuju halaman depan rumah. Satu-satunya tempat merokok gua sekarang ini.

Halaman koran - seperti biasa - dimulai dari belakang. Memantau klasemen Liga Inggris sudah sampai mana. Berharap Chelsea akan slipdan Manchester United dihadiahi seri, sukur-sukur kalah. Dan Arsenal pun berjaya lagi. Itulah harap. Sabar ya, Dik!

Topik berikutnya adalah memantau iklan. Pilahan-pilahan koran pun mulai gua buka. Lagi-lagi dari belakang. Perusahaan mana hari ini yang sudah mengeluarkan ratusan juta dari koceknya untuk mengkomunikasikan roda hidup mereka. Dan agency iklan mana yang kali ini mempertunjukkan kebolehannya. Seakan hari-hari di lembaran koran itu selalu bertajuk "Parade Iklan Hari Ini".

Gua sampai ke salah satu iklan satu halaman penuh yang menginformasikan sebuah produk. Sebuah kartu kredit 'super' yang ditawarkan kepada nasabah berikut fasilitas-fasilitas kelas atas punya. Karena dibuat dalam satu halaman penuh, tentu saja iklan itu terlihat dengan gampangnya.

Lantas gua beralih ke halaman berikutnya. (Secara terbalik. Jadi mestinya halaman sebelumnya. Red) Di halaman itu gua dapati sebuah iklan 'teaser' dari iklan kartu kredit tadi. O la la.. Ternyata secara tidak langsung gua merusak umpan yang semestinya diharapkan terjadi. Rese lu, Dik! Mungkin umpatan yang gua dapet dari teman-teman kreatif yang membuat iklan itu. Terserah gua memang target audiencenya atau bukan. Yang pasti gua telah menggagalkan iklan tersebut.

Memang tidak sepenuhnya gagal. Tapi apa yang disebut "elements of surprise"nya sudah tidak berlaku. Hanya gara-gara kebiasaan gua yang suka membaca dari belakang.

Gua jadi mikir, ada lagi nggak ya, orang-orang seperti gua? Yang dengan seenaknya doing backwards. Atau berjalan dengan ketentuan masing-masing, yang bukan melulu break the rules (and what's in the rule anyway..). Atau dengan sok asiknya ngimbuhin personal touch.."cara gue gini". Atau mungkin improvisasi-improvisasi lainnya.

Mungkin kan? Mungkin dong...
Serem nih kalo gua ternyata sendirian.

"I´m breaking through
I´m bending spoons
I´m keeping flowers in full bloom
I´m looking for answers from the great beyond"
The Great Beyond, R.E.M

5 Comments:

Blogger glenn_marsalim said...

kucing hitam kucing putih,
yang penting tikusnya dapet.
baca dari depan atau belakang,
yang penting beritanya dibaca.
surprise atau gak surprise,
yang penting iklannya menarik perhatian diki.

buktinya, sampe ditulis di blogspot segala looooh :)

Tuesday, March 08, 2005 6:16:00 pm  
Blogger sarahruthdebora said...

setuju banget sama term "parade iklan" soalnya mungkin buat orang iklan, fungsi media ya itu.

sementara gue justru jarang meratiin iklan, soalnya itu bayar hehehe. enakan baca surat pembaca..

Tuesday, March 08, 2005 6:31:00 pm  
Blogger celotehalia said...

Wah gue juga suka baca koran dari belakang tuh huhhhuhu

Dan gue juga suka ngeliatin iklan2nya daripada baca berita2nya yang bikin tambah depresi.

Kalao gak ada iklan yang bagus,
gue pasti bilang, "Duh, hari ini gak ada yang menarik yah?"

Huhuhuhhuhuuhuh

Tuesday, March 08, 2005 6:36:00 pm  
Blogger Bucin said...

Baca koran gak mungkin dari belakang. Pasti dari front page abis itu lompat ke paling belakang... berturut-turut hingga ke depan. Bukan masalah breaking rules, tapi mungkin biar pas kelar baca, ngelipatnya gampang (lebih ringkes 1 step ketimbang baca dari depan ke belakang).

Wednesday, March 09, 2005 12:39:00 pm  
Blogger Unknown said...

Baca halaman depan dulu kek kayak kata Bucin.
Tapi intinya gue sama kayak Diki. Baca dari belakang.
Mungkin karena di bagian belakang adalah bagian paling ringan. (Bundel I Kompas). Atau karena kebiasaan ngebrowse berita tolol Liverpool di bagian belakang bundel II (sambil berharap Everton, Arsenal, Man U, dan Chelsea lebih tolol--terlalu banyak Sek sudah lah!--at least mereka tolol di Champions League!)
Sutralahaaayyy...
jangan urusin para media sok kreatif dengan teaser-teasernya itu.
Mending ngurusin ketololan Rafa Benitez yang ga kunjung beli kiper bagus....

Monday, March 14, 2005 10:30:00 pm  

Post a Comment

<< Home